Minggu, 27 Mei 2018

LEMBAR 5 = Item-item biaya KPR dan biaya "surat-surat"


Assalamualikum Wr.Wb.
Lembar 5  =  11 Ramadhan 1439 H

Item - item biaya KPR, dan biaya “surat-surat”


Sering sekali kita mendengar, setelah deal harga jual beli property, orang-orang pada kasih statement :
       Biayanya dibagi 2 dan
       Biaya ngurus surat-surat

Dalam hal ini agar tidak salah kaprah, perlu dijelaskan “Ngurus surat-surat”  sebenernya  itu yang dimaksud, yaitu  :
Urus transaksi di Notaris setempat, dengan rincian item biaya  yang akan dijelaskan dibawah ini,
Terus biaya dibagi 2, sebenernya hanya item biaya AJB (akte jual beli) saja yang dibagi dua antara penjual dan pembeli.

Kita coba ulas lebih detail lagi :
Item-item biaya transaksi jual-beli dengan pembayaran secara Cash, maka rincian biaya pengurusan surat-suratnya di notaris / PPAT (Pejabat pembuat akte tanah) sebagai berikut :

Contoh dengan nilai transaksi yang sudah deal  sebuah  property, di Cipete utara, kebayoran baru, Jakarta Selatan =

NJOP 2018            :  Rp. 2.519.025.000
Harga transaksi      :  Rp. 5.700.000.000

PENJUAL :
      Pajak penjual Pph        2,5% 5.700.000.000    = Rp. 142.500.000
      Cek legalitas sertifikat di BPN :                            = Rp.        250.000
      Validasi pajak Pph                  :                              = Rp.        250.000
      Akte Jual Beli (AJB)              (1% X  NJOP) : 2.= Rp.   12.500.000         
                                                               Total            = Rp.  155.350.000

PEMBELI :
     Pajak pembeli (BPHTB) :  5% X (5,7 M - 80.000.000)  = Rp. 281.000.000.
     Cek zona nilai tanah       :                                                = Rp.        200.000.
     Validasi pajak BPHTB   :                                                 = Rp.        250.000
     Akte jual Beli (AJB)      :  (1%  X  NJOP )  :  2               = Rp.   12.500.000
     Balik Nama ke Pembeli :  (0,5%  X  NJOP )                   = Rp.   12.500.000
     PNBP balik nama        : (Ls tanah X Zona tanah) / 1000 = Rp.     3.800.000  
                                                                           Total           = Rp. 310.450.000


Catatan :
Biaya-biaya diatas berbeda-beda di setiap kantor Notaris/PPAT, tergantung kebijakan masing-masing kantor Notaris, kecuali Biaya yg tetap sama, rumusan/formula pajak penjual dan pajak pembeli (hanya setiap daerah berbeda, nilai jual tidak kena pajaknya).

BPHTB = Bea perolehan hak tanah dan bangunan
PNBP    = pendapatan negara bukan pajak

Jika pembelian menggunakan KPR (kredit pembelian rumah), tentunya ada biaya proses KPR di bank, dan biaya-biaya ini berbeda-beda setiap Bank nya, rincian item biayanya sebagai berikut  :

Item-item biaya KPR :

     Biaya appraisal                            :  tarif dari kantor apraisal
     Biaya provisi                               :  0,75% dari plafond kredit
     Biaya proses                                :  0,25% dari plafond kredit
     Biaya administrasi kredit             :  tarif dari Bank
     Biaya notaris                                :  tarif dari notaris
     ( biaya pengikatan, SKMHT, PH, dan legalisasi).

     Premi asuransi jiwa                     :  ditentukan oleh pihak asuransi
     Premi asuransi kebakaran           :   ditentukan oleh pihak asuransi
     Biaya APHT                                :  tarif dari notaris

Sebagai gambaran kasar saja, biaya-biaya KPR tersebut, diperkirakan kurang lebih  5%  dari plafon kredit.

Keterangan :
             SKMHT  :  Surat kuasa membebankan hak tanggungan
             PH           :  Pengakuan hutang
             APHT      :  Akta pembebanan hak tanggungan

Demikian uraian sedikit tentang biaya-biaya yg berkaitan dengan  proses jual-beli sebuah rumah/property.

Semoga bermanfaat.

Wassalamualikum Wr,Wb.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar